5 Tips Agar Anak Anda Tetap Sehat Selama Liburan

Libur telah tiba, itulah kata yang sering kita dengar saat liburan. Dan biasanya anak-anak ingin berlibur dan jalan-jalan kesuatu tempat untuk mengobati kepenatannya selama bersekolah. Akan tetapi biasanya setelah pulang liburan atau disaat liburan, anak-anak akan merasakan capek yang berlebihan dan akhirnya jatuh sakit.

Jika anak sudah jatuh sakit maka, yang akan repot juga nanti orang tua sendiri, maka dari sebaiknya ajarkan anak anda untuk sudah memulai gaya hidup sehat sejak dini.

Untuk menghindari hal tersebut, maka disini kita akan berbagi informasi dan tips agar anak anda tetap sehat selama liburan. Bagaimana tipsnya? Yuk simak tipsnya dibawah ini.

5 Tips Agar Anak Anda Tetap Sehat Selama Liburan
Tips agar anak anda tetap sehat selama liburan © shutterstock

1. Jaga Kebersihan Tangan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk cuci tangan sesering mungkin, mengingat fakta dari gerakan ini yaitu mampu mengurangi risiko gangguan saluran pernapasan hingga 45 persen. Selain itu, 80 persen persebaran kuman juga dilakukan melalui sentuhan, sedangkan anak-anak pasti akan menyentuh banyak benda selama berlibur. Selali ingatkan anak anda untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bersin dan mungkin setelah bermain dengan binatang peliharaan. Usahakan selalu menggunakan sabun yang mengandung antiseptik setiap kali mencuci tangan.

2. Pilih Makanan & Minuman Sehat

Biasanya jika sedang berlibur, orang tua kurang memperhatikan makanan dan minuman apa yang dikonsumsi oleh anak-anaknya. Ya... liburan biasanya menjadi alasan mengapa orang tua sering memberikan makanan cepat saji atau junk food kepada anak-anaknya. Padahal makanan dan minuman adalah faktor penting untuk menjaga kesehatan anak. Tetap beri anak makanan empat sehat lima sempurna. Sediakan selalu air putih, untuk mengurangi kebiasaan untuk minum minuman bersoda. Usahakan juga untuk mengingatkan anak anda supaya teratur makan dan tidak menunda-nundanya, trik ini biasanya dapat mencegah anak supaya tidak mengkonsumsi makanan laen seperti junk food atau makanan cepat saji.

3. Hindari Kontak langsung dengan wajah anak

Biasanya para orang yang gemas dengan anak-anaknya yang lucu sering menempelkan wajahnya pada sang anak. Hal yang tidak anda ketahui adalah, ketika anda menempelkan wajah anda kepada anak, secara tidak langsung anda akan menulari sang anak dengan virus dan bakteri dari anda, seperti influenza, batuk, dll. Hindari sebisa mungkin kontak langsung dengan wajah anak, apalagi jika anda sedang mengalami sakit.

4. Tetap Aktif

Usahakan untuk menyuruh anak anda tetap aktif bermain diluar seperti bersepeda, lari, dan sebagainya. Yang terpenting adalah anak harus aktif bergerak dan mengeluarkan keringat. Hal tersebut dapat memperkuat daya tahan tubuh si anak. Jangan biarkan anak-anak anda berlama-lama dalam menonton tv, main komputer dan berdiam diri karena tidak baik untuk kesehatannya, khususnya mata.

5. Istirahat Cukup

Ketika sedang liburan biasanya anak akan bangun lebih siang dibanding ketika bersekolah. Hal ini sudah lumrah. Akan tetapi jika berlebihan maka tidak baik juga bagi anak. Usahakan untuk beristiraha sesuai jadwalnya, jangan tidur terlau larut malam. Ketika tidur, maka anggota tubuh anak-anak akan beristirahat dan mengembalikan energi mereka yang telah terpakai seharian. Selain itu, tidur juga akan meningkatkan kekebalan dan memperbaharui sel-sel mati. Agar anak tetap beristirahat cukup ketika liburan, terapkan waktu tidur yang sama dengan rutinitas sehari-harinya. Jangan lupa untuk membawa benda kesayangannya, seperti boneka, bantal, atau selimut yang akan membuatnya merasa nyaman walaupun tidak sedang berada di rumah. Baca juga artikel "Pentingnya Peranan Kalsium Pada Anak Anak dan Remaja".

0 Response to "5 Tips Agar Anak Anda Tetap Sehat Selama Liburan"

Post a Comment