Makanan penyebab keputihan

makanan penyebab keputihan
Makanan penyebab keputihan. Para wanita yang tidak jarang cenderung menghindari makanan penyebab keputihan agar terhindar dari keputihan. Keputihan memang bisa menjadi awal dari penyakit yang berbahaya untuk kesehatan organ kewanitaan. Tapi banyak dari kaum wanita yang belum paham apa yang bisa menjadi penyebab keputihan.

Keputihan bisa terjadi karena berbagai macam faktor dan bisa disebabkan oleh kebiasaan kita. Salah satu penyebab keputihan adalah pola makan dan makanan yang dikonsumsi. Ternyata sebenarnya konsumsi terlalu banyak makanan yang manis bisa menjadi penyebab keputihan.

Selain makanan manis dengan kandungan gula tinggi, makanan yang berbahan baku tepung merupakan makanan penyebab keputihan yang lain. Makanan yang terbuat dari tepung merupakan bentuk karbohidrat dengan kandungan gula yang tinggi. Makanan dan minuman yang manis yang dikonsumsi secara berlebihan, bisa membuat pertumbuhan jamur Candida Albicans.
Jamur Candida yang tumbuh ini membuat zat keasaman pada organ kewanitaan meningkat. Kondisi ini semakin membuat gangguan stabilitas kesehatan pada organ kewanitaan. Hal inilah yang bisa seorang wanita mudah mengalami keputihan dan sering muncul rasa gatal yang membuat tidak nyaman.

Apabila ingin memakan buah-buahan yang manis, sebaiknya jangan langsung menghabiskannya. Lebih baik komsumsi secara bertahap dan perlahan. Hal ini dilakukan untuk menghindari peningkatan gula dalam darah dan masukan gula buah yang bisa mempengaruhi kesehatan organ kewanitaan.

Makanan yang baik serta cocok untuk dikonsumsi saat mengalami keputihan adalah makanan yang direbus dan ditumis. Konsumsi sayuran hijau dan mengkombinasikan makanan yang dicampur dengan sayuran berwarna-warni. Dalam peneitian diketahui jika bawang putih bisa meningkatkan dan memberikan ketahanan untuk tubuh dari perkembangan jamur penyebab keputihan.

Jamur Candida albicans bisa tumbuh dengan subur di vagina, apabila asupan gula dalam tubuh terlalu banyak. Makanan alami dari jamur adalah gula. Gula akan meningkatkan pertumbuhan jamur dalam tubuh. Untuk itu hindari minuman dengan kadar gula tinggi seperti minuman bersoda dan makanan yang manis lainnya.

Gula bisa meningkatkan pertumbuhan jamur, untuk itu sebaiknya asupan karbohidrat per hari dibatasi. Sebagai gantinya Anda bisa meningkatkan konsumsi makanan seperti daging, kalkun, ayam, sayuran nontepung, dan kacang-kacangan. Apabila gejala telah mereda maka konsumsi karbohidrat bisa ditingkatkan secara bertahap.

Makanan penyebab keputihan lainnya adalah semua makanan yang mengandung ragi. Makanan yang mengandung ragi contohnya adalah keju, pasta tomat, dan lain sebagainya. Namun belum ada pembatasan mengenai jumlah makanan ini.

Hindari mengonsumsi buah-buahan yang sudah dikeringkan karena merupakan salah satu makanan penyebab keputihan. Buah yang dikeringkan mengandung kadar gula fruktosa yang sangat tinggi. Sebaiknya pilih buah dengan kadar gula yang rendah.

0 Response to "Makanan penyebab keputihan"

Post a Comment